Senin, 15 April 2013

BERMAIN DILUAR RUMAH BAGI ANAK-ANAK



Hidup  dizaman kapan kah anda?
Apakah anda masih ingat,  saat bermain dengan teman-teman sebaya diluar rumah, main kelereng,kartu,petak umpet, gerobag sodor dll. Asyik bukan??, andaikan punya alat kayak Doraemon ingin rasanya untuk kembali kemasa lalu, dan kembali mengulang semua permainan di masa itu.
Dibandingkan dengan anak-anak zaman dulu, anak-anak yang lahir di zaman modern tampaknya tak terlalu tertarik untuk bermain di luar rumah. Anak-anak masa kini lebih nyaman berada di dalam rumah untuk melihat televisi, bermain komputer, video game, atau belajar. Bahkan lebih suka hanya duduk didalam rumah.
Data yang didapatkan oleh peneliti menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh pada era 1970 - 1980an menghabiskan waktu lebih dari dua jam di luar rumah setiap hari. Pada akhir pekan, mereka bahkan menghabiskan waktu hampir sembilan jam di luar rumah, apapun cuacanya.
Namun anak-anak saat ini hanya keluar rumah tak sampai satu jam. Pada akhir pekan mereka hanya menghabiskan waktu kurang dari lima jam di luar rumah, seperti dilansir oleh Daily Mail (11/04).
Penelitian yang dilakukan pada 2.000 orang tua menunjukkan bahwa rata-rata orang tua menghabiskan waktu 10 jam lebih 26 menit di luar rumah untuk bermain ketika masih kecil. Namun anak-anak mereka sekarang hanya menghabiskan waktu empat jam lebih 32 menit di luar rumah.
Penelitian ini juga mengungkap bahwa 44 persen orang tua berharap anak mereka menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah. Sementara 58 persen orang tua mengaku anak mereka tak suka keluar rumah seperti anak lain. Sementara itu 54 persen orang tua khawatir anak mereka kurang waktu bermain di luar rumah.
Sebaliknya, 43 persen orang tua mengaku anak mereka lebih suka menonton televisi daripada bermain keluar. Sekitar 42 persen anak bahkan lebih memilih bermain vide game atau game di komputer. Hal lain yang suka dilakukan anak di rumah daripada keluar adalah bermain dengan mainan, membaca buku, mendengarkan musik, membaca majalah, mengerjakan pekerjaan rumah, dan bahkan membantu membersihkan rumah.
Ada beberapa faktor yang yang menjadikan anak tidak suka lagi maen di luar rumah.
Bagaimana dengan anak Anda, apakah mereka juga tak suka bermain di luar rumah?

0 komentar:

Poskan Komentar